Jelang Idul Adha, Waka DPRD Minta DTPHP Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Rabu, 05 Juni 2024 | 15:39:48 WIB | Dibaca: 120 Kali


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara

DPRDPROVINSIJAMBI-Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Jambi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2024.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan layak konsumsi. Pinto mengatakan bahwa kesehatan hewan kurban sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari penyakit yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

"Hewan kurban harus dipastikan kesehatannya agar aman dikonsumsi oleh masyarakat. Jangan sampai ada hewan kurban yang sakit yang nantinya dapat membahayakan kesehatan masyarakat," kata Pinto, Senin (3/6).

Selain itu, ia juga minta DTPHP untuk bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, seperti Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dalam melakukan pengawasan terhadap hewan kurban.

"DTPHP harus berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan hewan kurban yang dijual di pasaran dalam keadaan sehat," katanya lagi.

Ia berharap dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan hewan kurban, masyarakat dapat melaksanakan Hari Raya Idul Adha dengan aman dan nyaman.(*)