DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi Tahun 2016

Senin, 27 Maret 2017 | 22:34:32 WIB | Dibaca: 1213 Kali


Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Cornelis Buston menerima Nota Pengantar LKPj Gubernur Jambi 2016 yang diserahkan H Zumi Zola saat sidang paripurna.

DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi, Senin (27/3) menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) gubernur Jambi tahun 2016.

Sidang paripurna di gedung DPRD setempat dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston didampingi Wakil Ketua DPRD Chumaidi Zaidi dan Ar Syahbandar serta dihadiri langsung Gubernur Jambi Zumi Zola.

Gubernur Jambi Zumi Zola dalam penyampaiannya dihadapan dewan, mengatakan bahwa LKPJ ini merupakan pertanggungjawaban tahun pertama masa kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur Jambi periode 2016-2021.

"LKPJ yang disampaikan ini memiliki makna sangat strategis, dan diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh perangkat daerah selama tahun 2016 secara lebih transparan dan memberikan informasi pertanggungjawaban atas penyelenggaraan pembangunan kepada publik melalui DPRD," kata Zola.

Dalam nota pengantar LKPJ Tahun anggaran 2016 yang disampaikan oleh gubernur tersebut, terdapat indikator capaian yang meningkat antara lain pendapatan daerah yang memiliki target Rp3,433 triliun telah terealisasi sejumlah Rp3,394 triliun atau sebesar 98,84 persen.

"Jumlah ini lebih tinggi dari realisasi tahun sebelumnya sejumlah Rp3,129 triliun atau meningkat Rp264,509 miliar atau bertambah 8,45 persen," katanya.

Kemudian indikator ekonomi Provinsi Jambi tahun 2016 menunjukkan pertumbuhan yang positif, dimana perekonomian Provinsi Jambi mengalami pertumbuhan sebesar 4,37 persen, lebih tinggi dibandingkan tahun 2015 sebesar 4,20 persen.

Zola menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah berupaya maksimal dalam menghadapi tantangan-tantangan yang tidaklah mudah, tebukti dengan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi meningkat, angka kemiskinan menurun, dan angka pengangguran menurun.

Menurutnya, program dan kebijakan dari pemerintah kabupaten/kota sangat mendukung terhadap kemajuan pembangunan Provinsi Jambi.

"Sebab itu sangat pentingnya sinergitas program dan kebijakan pembangunan Pemprov Jambi dengan pemerintah kabupaten/kota dengan arahan untuk mengutamakan infrastuktur yang dikeluhkan masyarakat. Tanpa melupakan bidang kesehatan, pendidikan dan bidang ketahanan pangan," katanya menambahkan.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston mengatakan, setelah penyampaian LKPJ oleh gubernur, selanjutnya akan mendapat tanggapan dari ftaksi-fraksi DPRD dalam paripurna berikutnya.(*)