DPRD Dengarkan Tanggapan Pemerintah Atas Penyampaian Lima Ranperda Inisiatif

Rabu, 15 Maret 2017 | 15:39:02 WIB | Dibaca: 850 Kali


Sidang Paripurna penyampaian pandangan Pemerintah Provinsi Jambi terhadap lima Ranperda inisiatif DPRD Provinsi Jambi

DPRDPROVINSIJAMBI - Lima Ranperda inisiatif DPRD Provinsi Jambi telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, 14 Maret 2017. Hari ini Rabu, 15 Maret 2017 DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar Sidang Paripurna mendengarkan tanggapan eksekutif atas lima Ranperda inisiatif yang telah disampaikan tersebut.

Penyampaian pemandangan Pemerintah terhadap 5 Ranperda inisitif tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar MHum. Dalam pidatonya, Wagub menyatakan Pemprov mengapresiasi adanya Ranperda Inisitif tersebut. Pemerintah, kata Wagub, juga sepakat untuk membahas lebih rinci Ranperda tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita berikan apresiasi terhadap ide sehingga muncul 5 Ranperda inisiatif ini. Pada dasarnya kita sepakat agar Ranperda ini dibahas lebih lanjut dan menjadi Perda,” ujar Wagub.

Dipaparkan Wagub, terhadap Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan/Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya usulan komisi I, memang sangat diperlukan. Nantinya, Ranperda ini harus difokuskan pada pencegahan penyebaran dikalangan masyarakat.

Sementara terkait Ranperda tentang Pembentukan PT Jamkrida. Fachrori juga memberikan apresiasi, karena DPRD telah menelurkan ide yang sangat baik tersebut. Hanya saja, ia meminta pembuatan Perda ini disesuaikan dengan UU yang berlaku.

"Kami berharap nantinya Ranperda ini dapat berjalan dengan baik,"katanya.

Sementara soal Ranperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Wagub mengatakan perlu pengaturan Reward dan Punishment kepada perusahaan yang berprestasi yang berhasil mempertahankan kondisi pengelolaan lingkungan hidup yang baik di Provinsi Jambi.

“Kita sepakat, tapi harus diketahui dulu apa yang menjadi dasar yuridis pemebentukan Ranperda ini,” terangnya.

Sementara itu terkait Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan yang merupakan usulan Komisi IV. Dalam naskah akademik, menurut Wagub belum tercantum dasar perubahan Perda dan persentase perubahan pasal. Untuk itu, Fachrori mengatakan, perlu ada pembahasan lanjut pada tingkat Pansus.

Terakhir, untuk Ranperda Pembangunan Ketahanan Keluarga. Fachrori memberikan apresiasi dengan alasan pembangunan, keluarga merupakan titik awal peningkatan kesejahteraan.

Untuk itu, Fachrori menegaskan, agar nantinya niat baik DPRD Provinsi Jambi ini dapat berjalan dengan baik. Karena kesejahteraan masyrakat merupakan tanggung jawab bersama.