DPRD Gelar Paripurna Pengambilan Keputusan Terhadap LKPj Gubernur Jambi

Kamis, 07 Mei 2020 | 15:25:48 WIB | Dibaca: 92 Kali


Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Rabu (6/5).

DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi, Rabu (6/5) menggelar sidang paripurna dengan agenda penyampaian laporan empat Panitia Khusus (Pansus) terhadap LKPj Gubernur Jambi tahun 2019.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi didampingi Wakil Ketua DPRD Rocky Candra, Pinto Jayanegara dan Burhanuddin Mahir serta dihadiri langsung Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Dalam paripurna itu, seluruh Pansus LKpj baik Pansus I hingga Pansus IV akhirnya menyetujui LKPj Gubernur Jambi tahun 2019. Namun dengan beberapa catatan dan rekomendasi.

Salah satu menyangkut capaian LAKIP yang telah diperoleh, dipandang perlu untuk terus meningkatkan akuntabilitas pemerintahan, evaluasi dan kajian komprahensif juga harus dilakukan agar indikator capaian yang akan datang lebih baik lagi.

Kemudian DPRD minta Gubernur Jambi untuk segera mengangkat dewan direksi dan dewan komisaris PT. Jambi Indoguna Internasional (PT. JII) dengan mendapatkan rekomendasi dari DPRD Provinsi Jambi melelui fit and proper agar PT. JII dikelola secara profesional, sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi BMUD yang memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi peningkatan PAD.

Selain itu, DPRD juga minta Bappeda Provinsi Jambi harus melakukan perbaikan sistematika dan substansi materi yang tersaji dalam LKPj Gubernur di tahun yang akan datang, karena LKPj merupakan gambaran secara luat tentang output dan outcome dari kinerja setiap OPD, atau bukan sekedar gambaran realisasi keuangan dan realisasi fisik semata.


Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam kesempatan itu menyambut baik dan memberikan apresiasi terkait laporan dan rekomendasi dari tim panitia khusus (Pansus), tentunya rekomendasi tersebut sangat berguna dan menjadi landasan dalam menyusun langkah-langkah strategis kedepan sebagai upaya akselerasi dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Provinsi Jambi dan pencapaian target pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya memberikan apresiasi kepada tim Pansus atas rekomendasi yang telah diberikan dan kami menyadari kinerja Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2019 masih belum memuaskan semua pihak. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah yang akan kami selesaikan kedepannya dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja," ujar Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus menerus melakukan evaluasi terhadap kinerja dari masing masing perangkat daerah, baik itu terkait dengan pencapaian target kinerja daerah, maupun target kinerja dalam mendukung prioritas nasional yang pelaksanaannya ada di daerah guna meningkatkan kinerja Pemerintah Provinsi Jambi.(*)