Virus Corona Rentan Terhadap Lansia, Pinto Jayanegara: Kita Harus Jaga Mereka

Minggu, 22 Maret 2020 | 10:54:17 WIB | Dibaca: 69 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI-Jumlah penderita dan kasus kematian akibat infeksi virus corona (Covid-19) setiap harinya terus meningkat. Sejauh ini, virus corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan meninggal dunia pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Hingga Minggu (22/3/2020) pagi, data John Hopkins University, menunjukkan, ada 304.528 kasus terinfeksi, 12.973 orang meninggal dunia, dan 91.676 orang sembuh.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara mengungkapkan jika pemantauan terhadap lansia (umur diatas 50 tahun) ini harus menjadi perhatian dan ditingkatkan pemeriksaannya, dan memang virus ini rentan untuk lansia dibandingkan yang muda.

“Kalau orang yang muda walupun tertular dia akan terlihat sehat badanya dan tidak tersa sakit. Kalau orangtua sudah tertular virus ini akan cepat menyebabkan meninggal dunia, anagka kematian terkait virus ini mayoritas itu orangtua, bukan yang muda,” kata Pinto, Minggu (22/03/2020) malam.

Wakil Ketua II DPRD Provinsi Jambi  ini juga menghimbau untuk bersama-sama menajaga mereka yang usia lansia dan menghimbau kepada masyarakat Jambi untuk mematuhi himbauan pemerintah yang telah dikeluarkan dan tidak menganggap enteng permasalahan virus corona ini.

“Marilah kita sama-sama menjaga mereka, dan masyarakat jangan dulu menghadiri acara yang ramai-ramai orang, jangan dulu bepergian ketempat kearamaian agar tidak terkontak langsung untuk mencegah penularan Covid-19 ini,” jelasnya.

Untuk diketahui dari data yang diberitahukan Jubir Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah, saat ini untuk Orang Dalam Penagawasan (ODP) berjumlah 144, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 13 orang, uji laboratorium 5 orang dan yang positif corona 0 untuk Provinsi Jambi.(*)

sumber:jernih.id