Audensi dengan Menteri Senior Singapura, DPRD Jajaki Kerja Sama

Selasa, 11 Februari 2020 | 14:51:18 WIB | Dibaca: 205 Kali


Pertemuan Pimpinan dan anggota DPRD dengan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, DR Mohamad Maliki Osman di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi, Selasa (11/2).

DPRDPROVINSIJAMBI - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra dan Burhanuddin Mahir dan beberapa anggota menerima kunjungan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, DR Mohamad Maliki Osman di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi, Selasa.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra usai audensi dengan DR Mohamad Maliki Osman, mengatakan bahwa DPRD Provinsi Jambi banyak mempromosikan potensi Jambi di hadapan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura tersebut.

"Kita berbincang banyak dengan DR Mohamad Maliki Osman bersama pak gubernur juga. Kita coba jajaki kerja sama salah satunya bidang pertanian dan pariwisata. Pertanian kita cukup baik, perkebunan juga, ini yang bisa kita dorong bisa bekerja sama langsung dengan Singapura," kata Rocky.

Ia mengatakan selama ini hasil pertanian Jambi untuk masuk Singapura melalui Batam dan Batam ke Singapura. Sebab itu kata Rocky DPRD mendorong agar pertanian dari Jambi bisa langsung masuk ke Singapura tanpa melalui Batam lagi.

"Tentunya dengan memenuhi unsur-unsur yang diminta Singapura. Misalnya sayurnya harus segar, greatnya harus great A, karena kita paham betul dari segi bisnis Singapura adalah tempat yang sangat menjanjikan untuk mendukung bisnis, baik pertanian, perkebunan juga pariwisata," katanya menjelaskan.

DPRD lanjutnya, juga mendorong bagaimana wisatawan dari Singapura bisa masuk ke Provinsi Jambi. Apalagi Singapura merupakan negara ke-tiga terbesar turisnya masuk Indonesia. 

"Selama ini turis Singapura ke Indonesia tapi tidak masuk Jambi. Kita berusaha bagaimana mendorong turis Singapura bisa ke Jambi. Tentunya kita perlu perbaiki fasilitas-fasiltasnya semua, perbaiki juga penerbangan kalau bisa ada penerbangan langsung Singapura-Jambi dan sebaliknya," ujarnya.

Jambi kata Rocky juga mengundang Singapura untuk berinvestasi. ke depan katanya akan pertemuan lanjutan pengusaha-pengusaha dari Jambi mengunjungi Singapuran atau sebaliknya untuk meningkatkan investasi Singapura di Jambi yang nantinya berdampak langsung pada peningkatan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi.

"Pertemuan ini baru penjajakan, komunikasi ini juga bagian dari silaturahmi, nanti akan kita lanjutkan," kata Rocky lagi.

Sementara itu, Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura, DR Mohamad Maliki Osman mengatakan kunjungan ke Jambi adalah kunjungan ke-duanya dalam upaya mempererat hubungan Singapura-Indonesia dan provinsi-provinsi di Indonesia.

"Singapura dan Indonesia banyak bekerja sama, saya ke Jambi menyemarakkan kembali hubungan antara Singapura dengan provinsi-provinsi di Indonesia dan hari ini di Jambi. Saya melihat bagaimana DPRD suatu lembaga yang bisa mendorong para pengusaha dari Jambi dan Singapura untuk bekerja sama. Jadi saya ingin melihat itu," kata DR Mohamad. 

Kerja sama yang dilakukan salah satunya kata DR Mohamad adalah di bidang pertanian, bagaimana upaya mendorong daya penghasilan ekonomi.

"Dan dengan bekerja sama dengan DPR kita bisa dipermudahkan dan hubungan ekonomi Singapura dan Jambi dapat ditingkatkan," katanya. 

Selain itu, di sektor pariwisata, DR Mohamad berharap ke depan banyak turis Singapura ramai datang ke Jambi sebagai upaya meningkatkan industri wisata di Jambi. (*)