KOMISI III DPRD Provinsi Jambi Konsultasi ke Kementerian PUPR

Jumat, 07 Februari 2020 | 21:33:11 WIB | Dibaca: 337 Kali

DPRDPROVINSIJAMBI-Komisi III DPRD Provinsi Jambi melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Konsultasi tersebut terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah yang akan disusun oleh Komisi III DPRD Provinsi Jambi.Kamis (6/2)

Rancangan Peraturan Daerah tersebut berkaitan dengan Penyelenggaraan Jalan Provinsi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi H. Burhanuddin Mahir, SH, Ketua Komisi III DPRD Prov. Jambi Dr. Ir. Ahmad Fauzi, M.T, Waka Komisi III H. Bustami Yahya, S.H, Sekretaris Komisi III Fadli Sudria, S.E., M.Hum dan seluruh anggota Komisi III serta Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi dan beberapa staff.

Ranperda ini bertujuan untuk mengatur hal-hal yang menjadi beberapa permasalahan di Provinsi Jambi. 

Adapun hal-hal yang menjadi fokus pembahasan konsultasi adalah terkait isi ranperda yang akan disusun, tentang layak fungsi, layak administrasi, kriteria teknis jalan dan keselamatan dalam Penyelenggaraan Jalan Provinsi serta status jalan yang ada di Provinsi Jambi.

Dalam konsultasi tersebut Waka DPRD Prov. Jambi H. Burhanuddin Mahir, SH juga menanyakan terkait rencana pembanguna jalan TOL Palembang (Sumsel) – kota jambi, yang sampai saat ini belum ada keberlanjutannya.

Menurut Subdir keterpaduan perencanaan dan sistem jaringan kementerian PUPR hal tersebut masih dilakukan kajian dikarenakan jika simpul-simpul jalan tol tersebut sudah selesai seluruhnya, ditakutkan Provinsi Jambi nantinya hanya menjadi kota lintasan, sehingga perlu dilakukan kajian khusus untuk pengembangan di Provinsi Jambi.

Selanjutnga Ketua Komisi III DPRD Prov. Jambi Dr. Ir. Ahmad Fauzi, M.T juga menanyakan bagaimana jalan status nasional yang belum disentuk dengan APBN mulai dari Simpang Niam – Lubuk Kambing yang diketahui bahwa kondisi jalan tersebut dalam kondisi rusak berat.

Sehingga Komisi III DPRD Provinsi Jambi berharap kepada Kementerian PUPR untuk memperhatikan jalan di Provinsi Jambi yang masih dalam kondisi belum mantap, terutama jalan dengan status jalan Nasional.(*)