Ketua DPRD Tandatangani Komitmen Mempercepat Penyelesaian Pembangunan Kawasan Ujung Jabung

Senin, 06 Januari 2020 | 18:10:20 WIB | Dibaca: 1225 Kali


Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menandatangani komitmen bersama percepatan pembangunan kawasan Ujung Jabung, Senin (6/1).

DPRDPROVINSIJAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi, DPRD Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Muarojambi dan Pemerintah Tanjungjabung Timur serta tiga anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi menyatakan sepakat untuk mempercepat penyelesaian pembangunan kawasan Pelabuhan Ujung Jabung meliputi pelabuhan laut, akses jalan dan jembatan maupun kawasan ekonominya sesuai dengan kemampuan APBD Pemprov Jambi didukung Pemkab Muarojambi dan Tanjungjabung Timur serta pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Kementerian perhubungan.

Pernyataan itu ditandatangani oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Bupati Muarojambi Masnah Busro, Ketua DPRD Muarojambi Yuli Setia Bakti, Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto, Ketua DPRD Tanjungjabung Timur Mahrup dan tiga Anggota Komisi V DPR RI, Hasan Basri Agus (HBA), H. Bakri dan Syofyan Ali.

Penandatanganan bersama itu digelar dalam sidang paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka HUT ke-63 Provinsi Jambi, Senin (1/1). Tentu hal itu menjadi kado terindah HUT ke-63 Provinsi Jambi.

Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus menjelaskan usulan pembangunan kawasan dan Pelabuhan Ujung Jabung tidak ada alasan untuk ditolak oleh pemerintah pusat karena pembangunannya sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Sudah diawali dari dulu dan banyak uang yang ditempati di situ dan melalui kesepakatan ini modal besar melanjutkan pekerjaan tersebut," kata HBA.

HBA menerangkan adanya kesepakatan tersebut merupakan lompatan baik untuk mempercepat proses pembangunan Ujung Jabung yang dilanjutkan dengan Gubernur Jambi bersama Ketua DPRD dan bupati untuk menghadap Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR terkait dengan kebutuhan pembangunan jalan maupun infrastruktur yang dibutuhkan.

"Yang penting dilanjutkan setiap tahun dan proses pembangunan pelabuhan memang membutuhkan dana yang cukup besar," ujarnya.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto usai paripurna berharap Provinsi Jambi ke depan semakin maju dan sejahtera. Namun untuk mencapai itu perlu sinergitas dan kolaborasi semua stake holder.

"Seperti kesepakatan pembangunan Ujung Jabung, itu bentuk sinergitas yang kita harapkan. Sebab pembangunan tidak bisa dilakukan dengan satu dua lembaga tapi semuanya harus terlibat di dalamnya. Di hari ulang tahun Jambi ini kita harus membangun legacy kepada rakyat. Kita bersama-sama dengan semangat yang sama Provinsi Jambi ke depan harus diselamatkan, hutannya harus kita lindungi dan anak-anak harus kita dorong sumber daya manusianya menjadi unggul dan baik," kata Edi.

Sementara itu, Gubernur Jambi dalam kesempatan itu memaparkan beberapa capaian Pemprov Jambi diantaranya terkait pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur.(*)