Ketua DPRD: Ini Perlu Dievaluasi, Persoalan PETI Harus Dicarikan Solusi

Rabu, 25 Desember 2019 | 16:26:28 WIB | Dibaca: 189 Kali


Edi Purwanto Ketua DPRD Provinsi Jambi

DPRDPROVINSIJAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyatakan keprihatinannya atas aktifitas ilegal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang kembali menelan korban.

Seperti diketahui, diperkirakan enam korban tertimbun longsor di Desa Pulau Baru, Kecamatan Batang Masumai, Merangin. Ini merupakan peristiwa kesekian kalinya namun pelaku PETI belum juga jera.

“Tentu harus jadi bahan evaluasi semua pihak, baik pemerintah, kepolisian, termasuk DPRD sendiri, kenapa tambang emas ilegal masih beroperasi dan terus memakan korban,” kata Edi kemarin (24/12/2019).

Ditanya apakah ada oknum penegak hukum ataupun pejabat pemerintahan yang ikut “bermain” dalam usaha ilegal ini, sehingga terkesan sulit untuk dihentikan, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini mengedepankan azas praduga tak bersalah.

"Saya tidak mau menduga-duga, apalagi menuduh, kita percaya bahwa kepolisian mampu menindak pelaku PETI, khususnya pemodalnya ya, sebagaimana polisi udah berhasil menutup sumur illegal driling, termasuk jika ada oknum aparat atau pejabat yang mem-backingi, saya yakin akan mendapatkan sanksi yang tegas," tambah Edi.

Namun demikian, Edi meminta pemerintah provinsi maupun daerah untuk bersama-sama mencari solusi terhadap aktifitas PETI yang tak kunjung berhenti ini. Termasuk memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Kalau memang konsep Wilayah Pertambangan Rakyat belum bisa diterapkan karena satu lain hal, menurut saya selain penegakan hukum, langkah-langkah pencegahan juga harus dilakukan, termasuk memberikan solusi usaha-usaha alternatif, jika memang PETI dijadikan sebagai sumber perekonomian masyarakat sekitar,” terang Edi.

Edi juga menegaskan bahwa permasalahan PETI akan masuk dalam daftar permasalahan yang ada di provinsi Jambi yang akan mendapatkan perhatian serius dari DPRD Provinsi Jambi.

“Insya Allah, PETI ini akan menjadi salah satu PR dan bahasan utama kita di DPRD, kalau PETI berhenti, masyarakat juga disupport untuk punya usaha baru, lingkungan sehat, masyarakat Jambi juga yang bahagia kan,” pungkas Edi.(*)

Sumber: jamberita.com