Ketua DPRD Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Kamis, 14 November 2019 | 13:52:57 WIB | Dibaca: 49 Kali


Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menghadiri Rakornas Indonesia Maju di Sentul International Convention Centre, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

DPRDPROVINSIJAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju pemerintah pusat dan Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul International Convention Centre, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Rakornas dibuka langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dengan peserta para kepala daerah dan Forkopimda provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia. Sementara Forkompinda dari penegak hukum yang hadir antara lain dari TNI, Polri dan Kejaksaan.

Rakornas yang digelar satu hari penuh itu diisi dengan pemaparan beberapa menteri dalam kabinet Indonesia Maju sebagai nara sumber dan diselingi tanya jawab dari peserta. Rakor ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof KH. Maruf Amin.

Sementara Presiden Joko Widodo dikesempatan itu mengarahkan komunikasi antara pimpinan-pimpinan di daerah harus terjalin dengan kuat dan berhati-hati menghadapi setiap insiden. "Penting sekali hubungan harmonis Forkopimda, penting sekali," kata Jokowi

Dia mengatakan komunikasi harus terjalin antara gubernur dengan kapolda, pangdam, kepala kejaksaan tinggi dan pengadilan tinggi.
Hubungan itu juga harus berlangsung di tingkat kabupaten/kota.

"Hubungan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi tensi yang ada di daerah. Kalau ada salah satu yang tadi saya sebut tidak rukun satu saja, akan menjadi masalah besar dalam menangani setiap problem-problem yang ada di daerah," kata Presiden.

Presiden meminta seluruh pimpinan daerah untuk berhati-hati menangani hal-hal uang sensitif agar tidak menimbulkan gejolak keamanan.

"Saya titip utamanya untuk jajaran TNI dan Polri melihat sekecil apapun sebuah peristiwa, jangan menggampangkan karena penuh diskonten, ketidakpuasan, hati-hati," demikian Presiden.

Rakornas Indonesi Maju bertujuan menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia. Sehingga, ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ketuk palu.

Ada lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo -Maruf Amin, yaitu pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan. Kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi dan kelima yaitu transformasi ekonomi.(*)