Komisi II Sambangi KLHK Tanyakan Proses Pembukaan Jalan di Kawasan TNKS

Jumat, 25 Oktober 2019 | 15:23:27 WIB | Dibaca: 84 Kali


Komisi II DPRD Provinsi Jambi konsultasi ke Kementerian LHK, Jumat (25/10).

DPRDPROVINSIJAMBI - Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Jumat (25/10) menyambangi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk konsultasi tentang proses pembukaan jalan sebagai akses penduduk di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) di wilayah Kabupaten Merangin.

Konsultasi Komisi II dipimpin langsung Ketua Komisi, Izhar Majid juga dihadiri Wakil Ketua beserta anggota. Rombongan Komisi II DPRD Provinsi Jambi diterima langsung Direktur Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial, Dirtjen KSDAE KLHK, Tandya Tjahjana.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi II DPRD Provinsi Jambi menanyakan bagaimana persyaratan untuk membuka jalan di pemukiman penduduk yang melewati TNKS.

Menanggapi itu, Perwakilan KLHK menyatakan sangat sulit diberikan ijin membuka jalan, meski masyarakat di sana sangat mengharapkan dibukanya jalan untuk kelancaran roda perekonomian masyarakat sekitar.

Solusi yang ditawarkan oleh Kementerian agar segera dibuat surat dari bupati disertai data kuantitatif agar nantinya dari Direktorat TNKS segera menindaklanjutinya.
 
Diterangkan juga bahwa keberadaan TNKS agar tidak terjadi perambahan hutan agar hukum ditegakkan tidak pandang bulu.

Terutama di Desa Air Liki, Kabupaten Merangin yang akses jalan menuju ke sana selama ini sangat sulit, hanya melalui jalan setapak atau tidak bisa dilalui kendaraan darat. Sementara untuk pembukaan jalan terkendala dari ijin Kementerian LHK dengan alasan sebagai kawasan cagar alam.
 
Kementerian juga menyarankan agar Bupati Merangin segera mengajukan surat permohonan kerja sama akses jalan disertai lampiran pendukung yang nantinya dari Dinas Kehutanan Propinsi Jambi melalui UPTD Kehutanan Merangin segera berkoordinasi dengan Pemda Merangin untuk mempercepat proses pembukaan jalan tersebut.(*)