Pasca Dilantik, Ketua DPRD Sementara Langsung Pantau Karhutla

Senin, 09 September 2019 | 20:03:09 WIB | Dibaca: 51 Kali


Ketua DPRD Provinsi Jambi sementara, Edi Purwanto bersama Gubernur Jambi, Kapolda dan lainnya saat meninjau Karhutla

DPRDPROVINSIJAMBI – Pasca dilantik menjadi Ketua DPRD Provinsi Jambi Sementara, Edi Purwanto langsung memantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Forkompimda.

"Tidak ada waktu bersantai lagi, langsung kerja. Hari ini pukul 14.00 WIB saya bersama gubernur, Kapolda dan Danrem memantau karhutla melalui udara," katanya ditemui pasca pengambilan sumpah/janji sebagai dewan Provinsi Jambi, Senin.

Edi Purwanto, S.HI, M.Si langsung terbang  melihat lokasi Karhutla di kawasan kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dan Muaro Jambi, siang tadi Senin  (9/9/2019).

Edi menggunakan helikopter bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kapolda Jambi Irjn Pol Muchlis AS MH dan Danrem 042/Garuda Putih Letkol Elphis Rudy.

Ditemui usai meninjau lokasi Karhutla, Ketua DPRD Provinsi Jambi Sementara Periode 2019-2024 ini mengatakan bahwa penyelesaian masalah karhutla yang mengakibatkan kabut asap ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus bersinergi dan terintegrasi antara pemerintah kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat.

“Jadi mohon pemahaman dan doa dari masyarakat, semua pihak sekarang sedang bekerja, tapi memang tidak mudah dan ada tahapannya, Kasatgas Karhutla dan Gubernur sudah mengajukan surat ke pusat agar segera dilakukan proses hujan buatan, semoga bisa segera disetujui,” jelas Edi.

Meski proses hujan buatan belum dilakukan, namun menurut Edi, pihak-pihak yang bertanggung jawab bersama masyarakat sudah bekerja dengan maksimal. “Saya sangat mengapresiasi kerja-kerja Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), petugas damkar, TNI dan Polri, juga pihak-pihak lainnya yang terus berjibaku berhari-berhari memadamkan api, bahkan dengan perlengkapan seadanya, ini luar biasa,” terang Edi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini juga mengapresiasi kinerja Polda Jambi yang telah menetapkan 10 tersangka pelaku pembakaran lahan. “Saya minta penegakan hukum yang setegas-tegasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku, ini penting, agar ada efek jera, dan karhutla ini tidak terulang lagi di masa mendatang,” ujarnya.

Edi juga mengharapkan Gubernur Jambi dapat segera melakukan koordinasi dengan para Kepala Daerah yang terdapat kebakaran lahan di daerahnya. “Saya tadi meminta pak Gubernur untuk segera rapat koordinasi dengan bupati-bupati yang ada karhutla di daerahnya, termasuk dengan perusahaan-perusahaan, saya minta juga ikut berpartisipasi mencari solusi, agar karhutla ini segera padam,” pungkas Edi.

Sumber: jambiantara.com/jamberita.com