Komisi II DPRD Provinsi Jambi Study Banding Ke Kepri Mengenai Kesejahteraan Nelayan

Senin, 19 Agustus 2019 | 11:01:25 WIB | Dibaca: 109 Kali


Pertemuan Komisi II DPRD Provinsi Jambi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau.

DPRDPROVJAMBI,-Komisi II DPRD Provinsi Jambi melaksanakan study banding ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk melihat tentang upaya Pemerintah Daerah Kepri dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.Senin (19/8/2019).

Studi Banding Komisi II ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Zainul Arfan dan diikuti Kadis Kelautan dan Perikanan Tema Wisman.

Ketua Komisi II Ir Mesran mengatakan saat ini kebutuhan ikan di Propinsi Jambi banyak didatangkan dari Propinsi tetangga seperti Sumatra barat, Sementara potensi perikanan di jambi saat ini belum dikelola secara optimal dikarenakan kapal dan alat tangkap nelayan yang masih tradisional dan belum secanggih di daerah lain.

"Ini yang perlu kami pelajari di daerah Pemda Keperi dalam membantu penyediaan alat tangkap bagi nelayan, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat mengeskpor sampai keluar negeri.,"jelasnya.

Pihak dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri disampaikan oleh Plt Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Agoes sukarno bahwa semua itu dapat dipenuhi jika kapal dan alat tangkap sudah memenuhi standar.

Disamping itu dikepri juga sudah ada kelompok usaha bersama perikanan ( KUBE ). Hal ini daerah Kepri sekarang sudah menjadi percontohan bagi propinsi lain di indonesia.

"Dimana KUBE Propinsi Kepri telah berhasil mensejahterakan anggotanya,"ucapnya.

Disamping itu juga disampaikannya masih banyaknya pencurian oleh negara tetangga yamh menggunakan kapal- kapal canggih sementara nelayan kita masih menggunakan kapal kecil, untuk itu perlunya pemerintah mendorong agar pemerintah pusat dapat menyediakan kapal canggih sehingga nelayan kita ini menghilkan tangkapannya yang lebih meningkat.(*)