DPRD Dengarkan Jawaban Pemerintah Terkait Ranperda Perubahan APBD 2019

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 17:06:14 WIB | Dibaca: 75 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (3/8), menggelar sidang paripurna dengan agenda Penyampaian Tanggapan Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi Fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019.

Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston didampingi Wakil Ketua Ar Syahbandar dan dihadiri Sekda Provinsi Jambi, M Dianto.

Sebelumnya berbagai kritik, saran dan masukan telah disampaikan oleh setiap fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jambi melalui pandangan umum fraksi-fraksi pada rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, Jumat 2/8 kemarin.

Adapun penjelasan Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pandangan umum dari setiap fraksi yang disampaikan Sekda Provinsi Jambi diantaranya menjawab pertanyaan Fraksi PDI Perjuangan mengenai upaya yang akan dilakukan dalam sisa waktu yang ada untuk  memenuhi target pendapatan daerah.

Dalam hal ini Sekda mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi melakukan intensifikasi atas sumber-sumber pendapatan yang telah ditetapkan dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada.

Kemudian Pemerintah Provinsi Jambi sependapat dengan pernyataan Fraksi Demokrat, bahwa program kegiatan yang dirancang harus mempertimbangkan prioritas kebutuhan pembangunan daerah dan kearifan lokal.

Menjawab pertanyaan Fraksi Gerindra dan Fraksi Kebangkitan Bangsa terkait dengan peningkatan belanja tidak langsung lebih besar dari belanja langsung, hal tersebut kata Sekda telah mempertimbangkan sisa waktu yang ada untuk pelaksanaan kegiatan, serta dalam komponen belanja tidak langsung juga terdapat dana bagi hasil kabupaten/kota yang merupakan kewajiban pemerintah provinsi.

Pemerintah Provinsi Jambi juga sependapat dengan Fraksi Bintang Keadilan, agar melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan anggaran termasuk kepada stakeholder dan masyarakat, serta saran agar program kegiatan yang dilaksanakan memperhatikan dampak dan keberlanjutannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston mengatakan sidang paripurna tentang pembahasan Perubahan APBD Pemprov Jambi 2019 akan dilanjutkan dengan pendapat akhir dewan dan pengambilan keputusan persetujuan dewan atas Ranperda Perubahan APBD 2019 tersebut.(*)

 

 

sumber: jambi.antaranews.com