DPRD Deadline Partai Pengusung 34 Hari, Sampaikan Dua Nama Cawagub Jambi

Senin, 27 Mei 2019 | 15:12:17 WIB | Dibaca: 90 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi akan menyurati partai politik pengusung Gubernur-Wakil Gubernur Jambi periode 2015-2021 untuk segera menyerahkan dua nama Calon Wakil Gubernur Jambi (Cawagub) menggantikan Fachrori Umar yang kini menjabat Gubernur Jambi.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jambi, Mauli mengatakan DPRD Provinsi Jambi melalui Ketua DPRD akan menyurati secara resmi partai politik pengusung pada 27 Mei untuk segera menyerahkan dua nama Cawagub Jambi ke DPRD untuk kemudian dilakukan pemilihan di DPRD.

"Ini tidak boleh molor, proses mulai dari mengirim surat ke partai pengusung hingga pemilihan di DPRD sudah disepakati bersama partai politik, fraksi dan gubernur. Pengajuan dua nama Cawagub paling lambat 1 Juli 2019," kata Mauli usai sidang paripurna internal tentang Tata Tertib pemilihan Wakil Gubernur Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (25/5).

Mauli mengatakan masih tersisa deadline 34 hari bagi partai politik pengusung untuk menyerahkan dua nama Cawagub Jambi ke DPRD Provinsi Jambi.

"Kalau dua nama sudah sampai ke kita, baru nanti ada pembentukan panitia pemilihan dan panitia sudah harus siap. Baik mempersiapkan kertas suaranya, saksi dan lain sebagainya. Mekanismenya tentu kita tetap berkoordinasi dengan KPU RI dan provinsi," katanya menjelaskan.

Prosesnya kata Mauli, tanggal 10 Juli, akan digelar rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi untuk mengesahkan dua nama Cawagub yang memenuhi persyaratan.

Kemudian tanggal 15 Juli digelar rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur melalui pemungutan suara di DPRD, penghitungan suara dan penetapan  pengumuman Wakil Gubernur terpilih sisa masa jabatan 2015-2021 yang diawali dengan penyampaian visi-misi dan program kerja Cawagub.

Kemudian tanggal 16 Juli pemberitahuan hasil pemilihan Wakil Gubernur Jambi kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri.

Seperti diketahui, partai politik pengusung (partai gabungan) kepala daerah Provinsi Jambi periode 2015-2021 itu yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem dan Hanura.

Sebelumnya DPRD Provinsi Jambi melakukan studi banding ke DPRD Sumatera Utara dalam rangka mencari masukan dan sharing terkait revisi Tatib DPRD Provinsi Jambi No. 1 Tahun 2018 tentang Mekanisme Pemilihan Calon Wakil Gubernur Jambi.

Dipilihnya DPRD Sumatera Utara sebagai daerah studi banding DPRD Provinsi Jambi karena provinsi itu juga melakukan pergantian kepala daerah dan sukses. Kondisi Sumut sama dengan kondisi yang terjadi di Jambi saat ini.(*)

 

 

 

Sumber: jambi.antaranews.com