DPRD Segera Surati Partai Pengusung Terkait Pengajuan Wakil Gubernur Jambi

Kamis, 28 Maret 2019 | 10:03:02 WIB | Dibaca: 220 Kali


Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston didampingi Ketua Bapemperda Provinsi Jambi, Mauli saat menggelar pertemuan dengan Bapemperda Sumatera Utara

DPRDPROVJAMBI,-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi segera menyurati partai pengusung Zumi Zola-Fachrori pada pemilihan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi 2015 lalu untuk segera mengirim dua nama calon Wakil Gubernur Jambi menggantikan Fachrori Umar yang kini telah menjabat Gubernur Jambi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston dihubungi Antara, Kamis (27/3), mengatakan DPRD Provinsi Jambi baru saja melakukan studi banding ke DPRD Sumatera Utara dalam rangka mencari masukan dan sharing terkait revisi Tatib DPRD Provinsi Jambi No. 1 Tahun 2018 tentang Mekanisme Pemilihan Calon Wakil Gubernur Jambi.

Dipilihnya DPRD Sumatera Utara sebagai daerah studi banding DPRD Provinsi Jambi karena provinsi itu juga melakukan pergantian kepala daerah dan sukses. Kondisi Sumut sama dengan kondisi yang terjadi di Jambi saat ini.

"Sebab itu kita melakukan studi banding ke Sumut dan mengatahui aturan-aturan dan langkah-langkah dalam pemilihan calon Wakil Gubernur Jambi," kata Cornelis.

Usai pertemuan tersebut, Cornelis memastikan langkah awal DPRD Provinsi Jambi yakni menyurati partai pengusung kepala daerah 2015 lalu untuk mengirimkan dua nama calon Wakil Gubernur Jambi. Partai pengusung itu yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem dan Hanura.

DPRD terlebih dahulu membentuk Tim 9, dimana ada sembilan fraksi di DPRD Provinsi Jambi dan satu perwakilan fraksi tergabung dalam Tim 9 tersebut. Tim ini lah yang akan menyurati partai pengusung serta membahas tata tertib pemilihan calon Wakil Gubernur Jambi.

"Ya, DPRD Provinsi Jambi akan segera menyurati partai pengusung untuk mengirimkan hanya dua nama calon Wakil Gubernur Jambi. Partai pengusung dideadline satu bulan terhitung surat diterima. Kalau tidak hangus," kata Cornelis.

Setelah dua nama calon Wakil Gubernur Jambi diterima DPRD, maka pemilihan Wakil Gubernur Jambi dilakukan dalam paripurna DPRD Provinsi Jambi.

Sementara dalam studi banding DPRD Provinsi Jambi ke Sumatera Utara itu, selain dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sufardi Nurzain dan Ar Syahbandar serta Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Jambi, Mauli beserta anggota dan tenaga ahli Bapemperda.

Rombongan DPRD Provinsi Jambi disambut langsung anggota Bapemperda DPRD Sumatera Utara.(*)