DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj Gubernur Jambi 2018

Rabu, 27 Maret 2019 | 15:46:39 WIB | Dibaca: 61 Kali


Gubernur Jambi Fachrori Umar Menyerahkan LKPJ 2018 ke Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston.

DPRDPROVJAMBI,-DPRD Provinsi Jambi, Selasa (26/3) menggelar sidang paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jambi tahun anggaran 2018.

Rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi itu dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston didamping Wakil Ketua DPRD, Sufardi Nurzain dan Ar Syahbandar serta dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan penyampaian LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD merupakan agenda konstitusional tahunan yang secara yuridis formal diatur dalam pasal 69 dan pasal 71 UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pelaksanaan penyampaian LKPJ dilakukan paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir, yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh daerah, untuk selanjutnya dibahas oleh DPRD guna memperoleh rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Poin-poin yang disampaikan Gubernur Jambi dalam nota pengantar LKPj tersebut diantaranya pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, jumlah angkatan kerja dan jumlah APBD setelah perubahan.

Kemudian Fachrori juga menyampaikan peningkatan pendapatan daerah, realisasi pendapatan yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah dan komponen PAD yang bersumber dari hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan.

Selanjutnya realiasasi dana perimbangan, realisasi belanja daerah pada tahun 2018, penyampaian prioritas pembangunan dan peningkatan akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Jambi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston mengatakan, LKPj Gubernur Jambi tahun 2018 selanjutnya akan dibahas oleh DPRD dan kembali diparipurnakan.(*)