DPRD Minta Bappenas Lanjutkan Proyek Nasional di Jambi

Rabu, 13 Maret 2019 | 14:32:11 WIB | Dibaca: 54 Kali


Banggar DPRD Provinsi Jambi yang dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston saat pertemuan dengan Bappenas di Jakarta.

DPRDPROVJAMBI.CO.ID- Badan Anggaran DPRD Provinsi Jambi minta Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) untuk tetap melanjutkan proyek nasional di Jambi seperti jalan tol, kereta api dan Pelabuhan Ujung Jabung yang memang sudah masuk program nasional.

"Kedatangan kita ke Bappenas adalah konsultasi dan sinkronisasi program nasional dan daerah. Salah satunya kita minta proyek nasional untuk Jambi itu dilanjutkan," kata Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston yang juga Ketua Banggar DPRD.

Cornelis menjelaskan, pembangunan jalan tol dan kereta api di Jambi memang sempat tertunda, sebab itu DPRD Provinsi Jambi mendesak Bappenas untuk tetap melanjutkan pembangunan mega proyek itu.

"Jalan tol sudah dibangun sampai batas Jambi-Palembang, kemudian Batas-Riau Jambi. Nah kita pertanyakan Jambi kapan, ini perlu kita pastikan bahwa di Jambi juga perlu dibangun dan kita yakinkan kita bisa memfasilitasi pembangunan itu salah satunya dengan pembebasan lahan," kata Cornelis.

Selain itu, lanjutnya, Pelabuhan Ujung Jabung di pesisir laut timur Jambi juga diharapkan pembangunannya tidak berlarut-larut atau setiap tahun anggaran yang dikucurkan kecil. Sehingga butuh waktu lama untuk membangun pelabuhan tersebut.

"Pelabuhan Ujung Jabung juga saya tekankan bahwa Jambi butuh pelabuhan itu untuk mendongkrak ekonomi Jambi. Ya kalau bisa anggarannya jangan dicicil, sekali digelontorkan anggarannya besar sehingga pembangunannya cepat selesai," ujarnya.

Di samping itu, Banggar DPRD Provinsi Jambi kata Cornelis juga menyinkronkan program nasional dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi. Hal itu dilakukan agar program nasional yang dibangun di Jambi betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Jambi.

"Kita juga kordinasi tentang program RPJMN 2020-2024, agar kita bisa sinkronkan dengan RPJMD kita. Jangan sampai nanti program nasional yang dibangun di Jambi kurang bermanfaat karena perencanaan dalam RPJMD kita tidak cocok dengan program nasional," katanya menambahkan.(*)


Sumber : Antara Jambi