Anggota Dewan Hanya Wajib Ikut Paripurna dan Tak Harus Absen Tiap Hari Seperti ASN

Kamis, 28 Februari 2019 | 17:34:08 WIB | Dibaca: 244 Kali


Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi

DPRDPROVJAMBI - Aktivitas para anggota DPRD Provinsi Jambi, belakangan ini terlihat sepi. Kantor DPRD Provinsi Jambi hanya diisi oleh para pegawai sekretariat dewan. Sementara anggota dewan terhormat sendiri, tidak terlihat berkantor.

Sekwan Provinsi Jambi, Emi Nopisah mengatakan minggu ini memang tidak ada agenda dewan di kantor. Karena seluruh anggota dewan yang tergabung dalam komisi-komisi, sedang kunjungan ke kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Minggu ini memang sedang dinas ke kabupaten. Ini kunjungan komisi-komisi. Senin besok baru kembali seperti biasa,” kata dia.

Lanjutnya, tidak ada kewajiban bagi anggota DPRD untuk setiap hari datang ke kantor dan mengambil absen. Yang wajib dihadiri adalah rapat-rapat, termasuk rapat paripurna.

“Kalau absen tiap hari seperti PNS tidak. Mereka yang wajib dihadiri adalah rapat-rapat, kemudian paripurna,” katanya.

Bahkan, ada sanksi bagi anggota DPRD yang tidak pernah ikut rapat paripurna.

Di mana, jika enam kali berturut-turut anggota DPRD tidak hadir dalam rapat paripurna, yang bersangkutan bisa diberhentikan dari jabatan sebagai anggota dewan.

“Enam kali rapat paripurna tidak hadir, berturut-turut, itu bisa diberhentikan,” katanya.

Sementara itu, AR Syahbandar, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi ketika dihubungi membenarkan bahwa minggu ini ada agenda kunjungan ke daerah di dalam Provinsi Jambi.

Dia mengatakan, kunjungan ke kabupaten ini akan berlangsung hingga Kamis atau Jumat ini.

“Komisi-komisi semuanya berangkat. Ada yang ke dapilnya masing-masing, untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Kemudian ditampung, untuk disampaikan dalam rapat-rapat nanti,” katanya.

Minggu depan, agenda anggota DPRD Provinsi Jambi adalah mengadakan berbagai rapat dengan OPD mitra komisi. Yakni untuk membahas masukan dan aspirasi masyarakat yang sudah ditampung dalam kunjungan ke kabupaten ini.

“Setelah ini agendanya rapat-rapat dengan mitra kerja. Bagaimana hasil temuan di lapangan, kemudian menyingkronkan dengan mitra. Saya ke Kerinci dengan Komisi II, di sini ada masukan soal perkebunan dan perikanan,” tandasnya.(*)