Fraksi DPRD Sampaikan Pemandangan Umum Terkait RPAPBD 2018

Senin, 24 September 2018 | 15:09:38 WIB | Dibaca: 57 Kali


Sembilan Fraksi DPRD Provinsi Jambi menyampaikan pemandangan umum terhadap nota keuangan dan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RPAPBD) Pemprov Jambi 2018.

Pemandangan umum sembilan fraksi itu disampaikan melalui sidang paripurna di gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (24/9).

Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston didamping Wakil Ketua Chumaidi Zaidi dan dihadiri langsung Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Pemandangan umum fraksi pertama disampaikan Fraksi PKB dengan juru bicara Eka Marlina, dimana fraksi ini berharap Pemrov Jambi dapat melaksanakan program kerja yang terukur, efisien dan transparan agar sasaran pembangunan tahun 2018 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Fraksi PAN denga juru bicara Wiwid Iswhara, salah satu poinnya pemandangan umumnya menyebutkan dengan anjloknya harga komoditi karet dan sawit di Jambi, diharapkan pemerintah daerah segera mencarikan solusi dengan alternatif lainnya seperti program penggantian usaha kecil mikro dan program lainnya.

Fraksi PPP melalui juru bicara, Syopian mengatakan terkait ada beberapa program dokumen nota keuangan RAPBD mengenai bantuan sosial yang terdapat diuraian belanja daerah tidak langsung sebesar Rp1 miliar, menurut fraksi ini itu masih belum signifikan mengingat masih banyak terdapat masyarakat miskin yang masih kurang mampu.

"Kami mengharapkan kepada Pemrov Jambi agar dapat mengalokasikan jumlah dana yang dianggarkan bertambah pada tahun berikutnya," kata Syopian.

Kemudian Fraksi Restorasi Hati Nurani melalui juru bicara, Kusnindar mempertanyakan dan meminta penjelasan terkait belanja langsung yang terjadi penambahan belanja pegawai sebesar Rp15,826 miliar atau meningkat 8,38 persen dan belanja barang dan jasa bertambah Rp14,547 miliar atau meningkat 1,63 persen serta belanja modal bertambah Rp4,44 miliar bertambah 0,45 persen.

Fraksi Bintang Keadilan melalui juri bicara, Arrahmat Eka Putra meminta Plt Gubernur dan para OPD agar tidak sekedar kerja-kerja tetapi kerja dibarengi dengan inovasi-inovasi berlian sehingga kerja yang dilakukan menjadi kerja-kerja yang cerdas demi tercapainya Jambi tuntas 2021.

Selanjutnya Fraksi Golongan Karya melalui juru bicara, Juber meminta Plt Gubernur berserta jajarannya untuk segera memulai proses tender proyek sehingga semua program dan kegiatan yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan maksimal dan selesai tepat waktu.

Fraksi Demokrat melalui juru bicara, Nurhayati minta Plt Gubernur agar mencarikan jalan terbaik dalam peningkatan pendapatan daerah dan menjelaskan kepada dewan terjadinya penurunan PAD Provinsi Jambi.

Sedangkan Fraksi PDIP melalui juru bicara, Mely Hairiya mengatakan Pemprov Jambi harus segera melaksanakan program pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan dapat berkerja secara maksimal, tepat waktu dan tepat sasaran.

Sementara Fraksi Gerindra melalui juru bicara, Bustami Yahya mempertanyakan terobosan apa yang dilakukan pada penyusunan APBDP 2018 untuk meningkatkan perolehan retribusi daerah maupun pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

Menanggapi pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD, Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan pihaknya siap menerima kritikan, saran dan masukan dari semua dewan dan semua pihak agar pembangunan dapat tercapai.(*)