DPRD Minta Pemprov Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

Kamis, 09 Agustus 2018 | 15:19:58 WIB | Dibaca: 158 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Cornelis Buston minta pemerintah provinsi itu untuk komitmen melanjutkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjungjabung Timur karena masuk program nasional.
    
"Pelabuhan Ujung Jabung itu program strategis nasional, namun karena tidak diteruskan kita tidak bisa menerima anggaran dari pemerintah pusat," katanya usai paripurna dengan agenda pendapat akhir dewan terhadap perubahan RPJMD Pemprov Jambi 2016-2021 di gedung DPRD setempat, Selasa (7/8).
    
Cornelis mengatakan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung itu dimulai sejak gubernur periode 2010-2015. Namun sejak pergantian kepala daerah pembangunan pelabuhan tersebut terhenti.
    
Dia menjelaskan, dana APBN untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung itu sudah mengalir sebesar Rp130 miliar dan APBD untuk pengembangan seperti akses jalan Rp110 miliar.  
    
"Jadi sayang kalau tidak dilanjutkan. Kita minta Pemprov kembali memunculkan itu karena kita mengharapkan bantuan pusat mengalir kembali. Apalagi sudah menjadi proyek strategis nasional," katanya menjelaskan.
    
Menurutnya jika Pemprov komitmen memunculkan itu maka dana APBN untuk pembangunannya di tahun 2019 mengalir lagi.
    
Seperti diketahui, kawasan Pelabuhan Ujung Jabung di Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Tanjungjabung Timur itu dibangun di atas lahan seluas 4.200 hektare.
    
Kawasan tersebut juga sudah tetapkan sebagai kawasaan strategis yang dipertegas melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jambi.
    
Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung itu semula ditargetkan selesai pada tahun 2020 mendatang dan digadang-gadang menjadi kawasan ekonomi terpadu yang dapat menopang ekonomi strategis daerah berupa pertanian, perkebunan dan pertambangan/migas.(*)




Sumber: Antaranews.com