DPRD Dengarkan Penjelasan Pemprov Terkait Ranperda Pertanggungjawaban APBD

Rabu, 27 Juni 2018 | 14:01:00 WIB | Dibaca: 138 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi menggelar sidang paripurna dengan agenda mendengarkan penjelasan Pemprov Jambi terkait Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Pemprov Jambi 2017 yang disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) gubernur Jambi, Selasa (26/6).


Sidang paripurna itu dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Chumaidi Zaidi dan dihadiri Wakil Ketua Ar Syahbandar.

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah yang berimplikasi pada keterbatasan belanja, Pemprov Jambi mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari 4,37 persen pada tahun 2016 menjadi 4,64 persen pada tahun 2017.

Fachrori menjelaskan, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan kepada gubernur untuk menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan.

"Laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi untuk tahun 2017 telah diaudit oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi yang meliputi laporan realisasi anggaran, neraca, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas, serta catatan atas laporan keuangan," kata Fachrori.

Sedangkan dalam rangka meningkatkan kualitas tingkat pertumbuhan ekonomi makro tahun 2017, Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan program dan kegiatan yang dialokasikan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui APBD tahun 2017.

"Berdasarkan hasil audit atas dokumen yang kita susun, alhamdulillah BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi telah memberikan pendapat berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dimana opini yang diperoleh merupakan hasil kerja keras kita bersama. Namun demikian saya minta OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk tidak berpuas diri atas kinerja tersebut, bahkan harus dijadikan sebagai motivasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kerangka regulasi yang berlaku," katanya menjelaskan.

Fachrori juga berterimah kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Jambi serta kepada semua pihak terkait yang telah mendukung pelaksanaan program kegiatan di tahun 2017.

Selain menggelar paripurna penyampaian penjelasan Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Provinsi Jambi Tahun 2017, DPRD juga menggelar paripurna dengan agenda penjelasan DPRD terhadap tiga Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Jambi.(*)

 

 

Sumber: antaranews.com