DPRD Gelar Paripurna Pengambilan Keputusan Pokok Pikiran Dewan

Rabu, 07 Maret 2018 | 10:58:24 WIB | Dibaca: 124 Kali


DPRDPROVINSIJAMBI - DPRD Provinsi Jambi, Rabu (7/3), menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan terhadap pokok-pokok pikiran dewan terkait pembangunan agar lebih bermakna bagi masyarakat Jambi.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston didampingi Wakil Ketua Ar Syahbandar dan dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Jambi, M Khairil dalam penyampaiannya saat paripurna tersebut mengatakan berbagai gagasan mengenai pembangunan yang berlandaskan kearifan lokal juga akan disampaikan kepada pemerintah dan masyarakat luas untuk kemudian menjadi pedoman bagi proses perencanaan dokumen pembangunan selanjutnya.

Dikatakannya, berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, tersaji bahwa laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2017 tercatat 5 ,20 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan besaran 5, 05 persen. Begitu juga dengan inflasi yang cukup terkendali dengan angka 2,68 persen.

Pergerakan struktur dan poster PDRB Jambi salah satunya disebabkan oleh stimulasi APBD yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Namun demikian, katanya, beberapa permasalahan krusial yang hingga kini masih dihadapi oleh masyarakat khususnya berkaitan dengan sektor ekonomi, infrastruktur dan pendidikan patut menjadi catatan bagi semua, terutama dalam memahami konteks APBD dan mengaplikasikannya dalam program yang lebih responsif dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

"Ada beberapa yang terangkum dalam pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Jambi tahun 2018 ini," kata Khairil.

Diantara pokok-pokok pikiran yang disampaikan tersebut mengenai pentingnya peningkatan kinerja pembangunan infrastruktur dan melakukan pemeliharaan agar ruas jalan dan jembatan dapat tetap berfungsi selama masa umur rencana pelayanan.

Kemudian ada juga pokok pikiran dewan untuk bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, bidang lingkungan hidup, bidang kesehatan dan bidang pemerintahan.

Khairil berharap dokumen pokok-pokok pikiran mampu memenuhi berbagai persoalan yang ada, khususnya yang berkaitan dengan persoalan disparitas kemiskinan dan pentingnya kesejahteraan masyarakat di provinsi Jambi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengatakan Pemprov Jambi bersyukur dan berterima kasih kepada dewan yang telah memberikan usulan dan masukan kepada pemerintah.

Fachrori menyebut pokok-pokok pikiran DPRD ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan Provinsi Jambi tahun 2004-2018 yang akan dilaksanakan pada bulan ini.

Kemudian ditindaklanjuti dalam musyawarah perencanaan pembangunan daerah Provinsi Jambi yang dilaksanakan pada April mendatang dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait dari provinsi maupun kabupaten/kota.(*)

 

Sumber: antaranews.com