Komisi IV Dorong Disdik Lobi Dana Pusat, 92 RKB Dibangun 2018

Rabu, 25 Oktober 2017 | 13:32:32 WIB | Dibaca: 483 Kali


Bustami Yahya, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi

DPRDPROVINSIJAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan kembali membangun Ruang Kelas Baru (RKB) di 2018. Dalam APBD murni tahun depan yang sudah dibahas di DPRD, direncanakan akan dibangun 92 unit RKB.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Bustami Yahya mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan semua SKPD yang jadi mitra komisi IV. Dalam rapat itu, pihaknya juga melihat semua program yang diusulkan SKPD, apakah sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Hasilnya banyak program yang diusulkan tidak berpihak untuk kepentingan masyarakat banyak. Jadi anggaran itu banyak yang kita geser,” tuturnya, Selasa (24/10)

Ia menyebut, anggaran SKDP itu lebih banyak digeser untuk dana pendidikan. Ini bertujuan agar anggaran 2018, bisa merealisasikan janji gubernur untuk bidang pendidikan.

“Janji gubernur kan bangun 1500 ruang kelas baru, tetapi 2017 ini baru sekitar 40 an yang terbangun. Karena itu, 2018 kita fokus untuk membangun itu,” ujarnya.

Dalam usulan, kata dia, Disdik mengajukan pembangunan 60 RKB di 2018. Tetapi setelah dibahas, komisi IV banyak menggeser anggaran yang kemudian dialihkan untuk penambahan RKB tersebut.

“Jadi kita tambah, total ada 92 RKB yang akan dibangun 2018 nanti,” tambahnya.

Memang, kata Bustami, jumlah ini masih jauh dari target gubernur membangun 1500 RKB baru selama 5 tahun. Tapi, jumlah yang akan dibangun 2018 itu sudah lebih banyak dibandingkan tahun 2017.

“Karena pendidikan itu harus diperjuangkan. Jangan memalukan, setelah diambil provinsi justru malah lebih jelek, itu kita ngak mau,” tegasnya.

Untuk menambah kekurangan itu, sambungnya, bisa saja nantinya di perubahan 2018 ditambah anggaran untuk pembangunannya. Kemudian, pihaknya juga menyarankan agar Pemprov Jambi melalui Disdik Provinsi Jambi untuk fokus melobi dana pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penambahan ruang kelas baru itu. “Mudah-mudahan bisa banyak penambahan,” terangnya.

Selanjutnya, Komisi IV juga mendorong Pemprov membangun sekolah baru di Jambi Selatan, karena di daerah itu tidak ada SMA. “Kita kan ingin menerapkan zonasi rayon, karena itu kita dorong bangun SMA baru di lokasi itu,” sebutnya lagi.

Selain itu, pihaknya saat rapat-rapat dengan Kementerian Pendidikan juga mendorong dan meminta agar anggaran pendidikan difokuskan untuk Jambi.

sumber: metrojambi.com